Thursday, February 21, 2019

PELANTIKAN PENEGAK LAKSANA

Foto: Pembina Melantik Peserta, Sabtu (16/2)

SMA MEWAH- Sabtu (16/2) SMAN 1 Purwantoro menggelar kegiatan pelantikan penegak Laksana. Peserta dalam kegiatan ini adalah penegak bantara yang telah dinyatakan lulus tes SKU penegak laksana.Tepat pukul 07.00 semua peserta telah berkumpul di SMAN 1 Purwantoro untuk melakukan perjalanan ke lokasi pelantikan di Monumen Jendral Sudirman Pakis Baru Pacitan.

Setelah melakukan perjalanan kurang lebih empat jam melalui medan yang naik turu akhirnya seluruh peserta sampai di Monumen Jendral Sudirman pada pukul 11.00 WIB. Setelah sampai di monumen Jendral Sudirman. Sesampai di lokasi seluruh peserta dibariskan untuk mendapatkan pengarahan oleh panitia.

Usai mendapatkan pengarahan selanjutnya peserta berganti pakaian SPL untuk melakukan pengukuhan dan penyematan tanda laksana oleh pembina. Stelah seluruh peserta dinyatakan siap selanjutnya pembina berdiri diantara peserta untuk melaksanakan upacara pengukuhan pelantikan.

Disela-sela menjadi pembina upacara pengukuhan Kak Akhiardin S.ThI memberikan wejangan mengenai kewajiban dan hal yang harus diemban setelah menjadi pramuka laksana. 

" Kalian adalah generasi muda penerus bangsa harapannya bisa menjadi penerus bangsa yang benar-benar berkualitas harus siap untuk memimpin dan dipimpin. Nasib bangsa kedepan ada di pundak kalian maka jangan sampai mengotori bangsa ini dengan perbuatan yang tidak baik" Ujarnya dalam amanah

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu untuk menumpuhkan karakter mulia peserta didik utamanya karakter nasionalisme dan bela negara. Sehingga kdepan akan lahir generasi yang berakhlak mulia serta mencintai bangsa dan negaranya. (DNP)

Friday, February 15, 2019

JUMAT ADIWIYATA UNTUK TANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Foto: Peserta didik melakukan kebersihan , Jumat (15/2)

SMA MEWAH- Jumat (15/2) SMAN 1 Purwantoro menggelar kegiatan Jumat adiwiyata. Kegiatan ini merupakan program sekolah dalam menggemakan semangat adiwiyata di lingkungan SMAN 1 Purwantoro. Tepat pukul 07.00 WIB seluruh siswa berkumpul di halaman sekolah untuk melakukan apel dan mendapatkan pengarahan.

Usai melaksanakan apel seluruh keluarga besar SMAN 1 Purwantoro bahu-membahu dan  bekerjasama untuk melaksanakan kebersihan. Target kebersihan meliputi kebersihan kelas, taman, tempat ibadah, laboratorium dan di sekitar lingkungan sekolah.

Seluruh keluarga besar SMAN 1 Purwantoro terlibat dalam kegiatan ini mulai dari peserta didik, guru dan staf tata usaha. Semua sudah memiliki plot tanggungjawab yang harus dibersihkan. Mereka nampak antusias mengikuti kegiatan ini. Meskipun mereka harus berkotor-kotoran namun nampak antusias dalam mengikuti kegiatan jumat adiwiyata. 

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan karakter mulia pada seluruh keluarga besar SMAN 1 Purwantoro utamanya karakter peduli lingkungan. Sebagai sekolah adiwiyata mandiri, SMAN 1 Purwantoro mengemban amanah untuk terus menggemakan adiwiyata di lingkungan sekolah khususnya dan di masyarakat pada umumnya.

Dengan pengalaman nyata ini diharapkan para peserta didik dapat termotivasi dan terpacu untuk senantiasa menjaga lingkungannya. Selanjutnya mereka dapat memiliki kepedulian pada lingkungan dan mau untuk melestarikannya. (DNP)

SOSIALISASI PADA ORANGTUA WALI KELAS XII

Foto: Kepala SMAN 1 Purwantoro memberikan paparan, Rabu (13/12)

SMA MEWAH- Rabu (13/2) SMAN 1 Purwantoro mengundang oratua wali kelas XII. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan capaian program kerja sekolah selama tahun pelajaran 2018/2019, Sosialisasi UNBK, Sosisialisasi SNMPTN dan Sosialiasi PPDB 2019.

Kegiatan dimulai tepat pukul 09.30 dengan pembukaa, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Doa dan sambutan-sambutan. Kegiatan inti diisi oleh kepala SMAN 1 Purwantoro Drs. Susilo Joko Raharjo, M.Pd. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan capaian-capaian prestasi SMAN 1 Purwantoro selam tahun 2018/2019.

Dilanjutkan dengan paparan UNBK, SNMPTN dan kebijakan PPDB tahun 2019. Dengan kegiatan ini diharapakn orangtua dapat mendukung program sekolah dan dapat terjalin hubungan yang harmonis antara orangtu dan sekolah.

Dalam penutupannya beliau berharap orangtua dapat turut berpartisipasi dalam mendukung program kelas XII utamanya UNBK dan SNMPTN.

Wednesday, January 16, 2019

UJI KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI LIFE SKILL

Foto: Peserta ujian tataniaga, Senin (14/1)

SMA MEWAH - Dalam rangka membekali peserta didik dalam bidang life skill, SMAN 1 Purwantoro menggelar kegiatan uji kompetensi dan sertifikasi life skill pada Senin-Rabu (14-16/1). Uji kompetensi ini diikuti oleh seluruh kelas XII yang telah menempuh pembelajaran life skill selama empat semester.

Uji kompetensi  tahun 2019 ini merupakan uji kompetensi yang ketiga. Yang tahun sbelumnya telah melaksanakan uji kompetensi dan sertifikasi pada dua angkatan yang telah lulus ditahun 2017 dan 2018 lalu.

Kegaitan uji komptensi diawali dengan pembukaan dan penandatanganan MOU antara SMAN 1 Purwantoro dengan UPT BLK Kabupaten Wonogiri mengenai uji kompetensi dan sertifikasi yang dilakukan oleh BLK Kabupaten Wonogiri.

Uji komptensi yang diujikan adalah tataniaga, teknik komputer jaringan dan teknik otomotif. Setelah peserta dinyatakan kompeten oleh asesor BLK selanjutnya peserta didik mendapat sertifikat resmi dari Disnakertrasn Kabupaten Wonogiri  sesuai dengan jurusan yang diambil.

Selanjutnya sertifikat tersebut dapat dimanfaatkan jika peserta didik akan melanjutkan untuk bekerja. Sedangkan bagi peserta didik yang akan melanjutkan kejenjang perguruan tinggi dapat digunakan sebagai bekal ketermapilan untuk melanjutkan kejenjang berikutnya. (DNP)


SOSIALISASI KESEHATAN DARI PUSKESMAS PURWANTORO

Foto: Peserta didik mendapat sosialisasi kesehatan, Senin (14/1)

SMA MEWAH- Senin (14/1) SMAN 1 Purwantoro bekerjasama dengan Puskesmas Purwantoro menggelar kegiatan sosialisasi kesehatan kepada peserta didik SMAN 1 Purwantoro. Fokus sosialisasi kesehatan kali ini berkaitan dengan program pemerintah untuk menggiatkan minum tablet tambah darah bagi peserta didik putri.

Kegiatan dilaksanakan dihalaman sekolah yang diawali dengan apel hari Senin. Kemudian peserta didik diberikan penjelasan mengenai anemia, penyebab anemia dan upaya menanggulangi anemia sejak dini.

Program minum tablet tamabah darah dilaksanakan rutin hari selasa selama satu tahun. Setiap selasa peserta didik diminta meminum tablet tambah darah secara bersama-sama agar tablet tambah darah benar-benar diminum.

Kegiatan ini sebagai upaya SMAN 1 Purwantoro untuk menjaga kesehatan peserta didik dan sebagai upaya untuk menanggulangi anemia sejak dini. (DNP)


 
Powered by Media Pendidikan | Direktori Website Sekolah