Wednesday, January 16, 2019

UJI KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI LIFE SKILL

Foto: Peserta ujian tataniaga, Senin (14/1)

SMA MEWAH - Dalam rangka membekali peserta didik dalam bidang life skill, SMAN 1 Purwantoro menggelar kegiatan uji kompetensi dan sertifikasi life skill pada Senin-Rabu (14-16/1). Uji kompetensi ini diikuti oleh seluruh kelas XII yang telah menempuh pembelajaran life skill selama empat semester.

Uji kompetensi  tahun 2019 ini merupakan uji kompetensi yang ketiga. Yang tahun sbelumnya telah melaksanakan uji kompetensi dan sertifikasi pada dua angkatan yang telah lulus ditahun 2017 dan 2018 lalu.

Kegaitan uji komptensi diawali dengan pembukaan dan penandatanganan MOU antara SMAN 1 Purwantoro dengan UPT BLK Kabupaten Wonogiri mengenai uji kompetensi dan sertifikasi yang dilakukan oleh BLK Kabupaten Wonogiri.

Uji komptensi yang diujikan adalah tataniaga, teknik komputer jaringan dan teknik otomotif. Setelah peserta dinyatakan kompeten oleh asesor BLK selanjutnya peserta didik mendapat sertifikat resmi dari Disnakertrasn Kabupaten Wonogiri  sesuai dengan jurusan yang diambil.

Selanjutnya sertifikat tersebut dapat dimanfaatkan jika peserta didik akan melanjutkan untuk bekerja. Sedangkan bagi peserta didik yang akan melanjutkan kejenjang perguruan tinggi dapat digunakan sebagai bekal ketermapilan untuk melanjutkan kejenjang berikutnya. (DNP)


SOSIALISASI KESEHATAN DARI PUSKESMAS PURWANTORO

Foto: Peserta didik mendapat sosialisasi kesehatan, Senin (14/1)

SMA MEWAH- Senin (14/1) SMAN 1 Purwantoro bekerjasama dengan Puskesmas Purwantoro menggelar kegiatan sosialisasi kesehatan kepada peserta didik SMAN 1 Purwantoro. Fokus sosialisasi kesehatan kali ini berkaitan dengan program pemerintah untuk menggiatkan minum tablet tambah darah bagi peserta didik putri.

Kegiatan dilaksanakan dihalaman sekolah yang diawali dengan apel hari Senin. Kemudian peserta didik diberikan penjelasan mengenai anemia, penyebab anemia dan upaya menanggulangi anemia sejak dini.

Program minum tablet tamabah darah dilaksanakan rutin hari selasa selama satu tahun. Setiap selasa peserta didik diminta meminum tablet tambah darah secara bersama-sama agar tablet tambah darah benar-benar diminum.

Kegiatan ini sebagai upaya SMAN 1 Purwantoro untuk menjaga kesehatan peserta didik dan sebagai upaya untuk menanggulangi anemia sejak dini. (DNP)


KIR IN ACTION

Foto: Peserta KIR in Action foto bersama, Sabtu (12/1)

SMA MEWAH- Sabtu ( 12/1) Kelompok ilmiah remaja (KIR) SMAN 1 Purwantoro menggelar kegiatan KIR in Action. Kegiatan ini diikuti oleh peserta ekstra KIR kelas X dan kelas XI. Kegiatan ini terbagi dalam dua termin yaitu termin pertama adalah eksplorasi ide menulis dan yang kedua adalah kunjungan industri.

Hari Sabtu pukul 06.00 WIB semua peserta tealh berkumpul di sekolah. Mereka berkumpul di sekolah untuk mendapatkan penjelasan mengenai kegiatan dan perlengkapan yang harus dibawa. Setelah semua lengkap dilanjutkan perjalanan menuju obyek pertama yaitu wisata Girimanik. 

Sampai di Girimanik seluruh peserta diberikan materi mengenai motivasi berprestasi dan menggali ide menulis. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu obyek wisata yang ada Girimanik.

Sekitar satu jam peserta menjelajahi lereng gunung dan menikmati pesona air terjun mereka kembali ke pos dua untuk melaskanakan kegiatan outbond. Tujuan outbond ini untuk menggali potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta dan untuk merekatkan jalinan persaudaraan antar peserta.

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan kedua yaitu mengunjungi salah satu industri jamur tiram di kec. Slogohimo. Peserta mendapatkan materi mengenai budidaya jamur tiram serta strategi pesaran produknya.

Dengan kegiatan ini diharapakan dapat menggali ide menulis karya dan selanjutnya dapat meneruskan prestasi KIR SMAN 1 Purwantoro dimasa yang akan datang. (DNP)

Monday, December 17, 2018

SEHARI MENIMBA ILMU DI YOGYAKARTA

Foto: Peserta PPLK foto bersama, Kamis (13/12)


SMA MEWAH- Kamis (13/12) Peserta didik kelas X SMAN 1 Purwantoro mengikuti kegiatan program pembelajaran luar kelas di Yogyakarta. Tepat pukul 01.00 WIB rombongan bertolak ke Yogyakarta.

Tujuan yang dikunjungi pertama kali adalah bukit breksi yang berada di Sleman. Dalam kunjungan yang pertama ini peserta menggali pengetahuan mengenai kenampakan breksi secara struktur batuan dan optimalisasi potensi tebing breksi yang awalnya tambang disulap menjadi area wisata yang bernialai ekonomis tinggi.

Kunjungan kedua dilanjutkan ke Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Di UGM peserta diberikan berbagai gambaran mengenai dunia perkuliahan dan kunjungan ke berbagai laboratorium di fakultas biologi dan laboratorium bioteknologi.

Kunjungan yang kedua dilanjutkan ke kawasan Malioboro. Kawasan ini dipilih karena peserta dapat belajar berbagai peningglan sejaran yang berada di sekitar malioboro.Selain itu epserta didik juga dapat belajar mengenai aktivitas ekonomi yang berada di sekitar maliobotro.

Kunjungan yang terakhir dilanjutkan ke sendratari di candi prambanan. Dari penampilan sendratari peserta dapat belajar mengenai seni dan kebudayaan tari yang ditampilkan dalam pagelaran tari di sendratari tersebut.

Rombongan tiba kembali di SMAN 1 Purwantoro pada pukul 23.00 WIB. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam berbagai bidang yang tidak ditemui di sekolah. (DNP)

SERUNYA STUDI KAMPUS DI UGM YOGYAKARTA

Foto: Peserta mendapatkan penjelasan dari UGM, Kamis (13/12)

SMA MEWAH- Kamis (13/12) SMAN 1 Purwantoro menggelar kegiatan pmebelajaran luar kelas (PPLK) ke Yogyakarta. Pukul 01.00 WIB rombongan yang terdiri dari 255 peserta didik kelas 10 dan 20 pembimbing bertolak ke Yogyakarta.

Salah satu obyek yang menjadi target kunjungan adalah Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Tepat pukul 09.30 rombongan diterima di Fakultas Biologi UGM. Setelah melalui kegiatan seremonial penerimaan oleh UGM selanjutnya kegiatan diisi dengan pengenalan dunia kampus.

Pengenalan dunia kampus ini terdiri dari pengenalan UGM secara umum, pengenalan cara masuk perguruan tinggi, pengenalan kegiatan kampus dan trik untuk dapat memasuki perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN.

Usai paparan mengenai dunia perkulaiahn dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan kelaboratorium. Ada dua laboraotrium besar yang dikunjungi yaitu laboratorium biologi dan laboratorium bioteknologi. Dalam sesi kunjungan laboratorium ini peserta didik dikenalkan dengan peralatan laboratorium dan hasil penemuan laboratorium.

Peserta nampak antusias dengan kegiatan ini, disela-sela penjelasan juga menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai hasil penelitian dilaboratorium. Bahkan diantara mereka bercita-cita ingin melanjutkan studinya di UGM.
Foto: Kepala SMAN 1 Purwantoro memberikan kenang-kenangn secara simbolis, Kamis (13/12)

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai dunia perkuliahan dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk dapat melanjutkan studinya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi". Ujar Bapak Susilo Joko Raharjo di sela-sela sambutan.

Lebih lanjut program pengenalan kampus ini diharapakan dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik yang tidak didiapatkannya di sekolah.  (DNP)

 
Powered by Media Pendidikan | Direktori Website Sekolah