Wednesday, June 11, 2014

HEMAT ENERGI SELAMATKAN BUMI




Bumi kita berpijak tentunya harus kita jaga bersama-sama, yang mana saat ini bumi kita sudah tua perlu perawatan ekstra demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya, banyak cara untuk kita peduli bumi tentunya dengan cara mudah yang bisa kita lakukan dalam kebiasaan sehari-hari dalam menghemat energy dan menjaga lingkungan, seperti yang sudah saya lakukan antara lain:
1. Mematikan Lampu jika tidak digunakan
Lampu sebagai penerangan tentunya menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, sumber dari lampu tentunya membutuhkan energi yang besar untuk di manfaatkan oleh manusia yaitu Listrik. Untuk itu kita harus menjaga dan menghemat energi yang dihasilkan dengan baik, Tapi kenapa sebagian dari kita lampu dianggap hal sepele , dengan membiarkan menyala tanpa sedang dipergunakan seperti di kamar mandi, kamar tidur dll. Padahal energy yang dihasilkan sewaktu saat akan habis ditelan waktu.
2. Mematikan kran Air yang terbuang
Air sumber utama Kehidupan maka harus dijaga dengan sebaik-baiknya, Kebutuhan akan air tidak bisa terpisahkan dari manusia, dimana air sangat berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Apabila kran air terbuang dengan sia-sia/ mubajir, tentunya secara tidak sengaja kita sudah merusak lingkungan karena sumber air rumah tangga kebanyakan dihasilkan langsung dari sumur tanah. Sebelumnya saya pun pernah secara tidak sengaja sehabis mandi lupa menutup kembali kran bak kamar mandi hingga air habis di toren karena di tinggal pergi, sampai saat ini menjadi pengalaman berharga buat saya. kenapa karena persediaan air layak konsumsi bumi hanya 2,5% dari jumlah air yang ada di dunia. Jumlah ini pun masih belum di kurangi dengan jumlah air yang menjadi es di kutub yang berjumlah 70% nya. Jadi dapat di katakan persediaan air di bumi untuk di konsumsi hanya 0.75%. Untuk itulah kita perlu menghemat air bersih yang kita miliki.
3. Buanglah sampah pada tempatnya dan memanfaatkan daur ulang sampah
Sejak kecil mungkin kita sudah diajarkan oleh orang tua maupun guru di sekolah untuk membuang sampah pada tempatnya atau juga sering melihat tulisan di tempat umum dengan slogan Kebersihan adalah sebagian dari iman tapi kenapa masih saja banyak dari kita membuang sampah bukan pada tempatnya, seperti membuang sampah ke kali atau dibuang begitu saja di pinggir jalan, padahal dari sampah yang kecil atau sedikit lama -lama menumpuk akan menjadi banjir dan polusi udara yang mencemari lingkungan sekitar, untuk itu Sobat Bumi kita sebagai generasi penerus harus memberikan contoh teladan dan berusaha menjaga lingkungan sekitar agar lingkungan yang kita diami serasa sejuk dan bersih. Sekaligus kita bisa memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dengan memisahkan sampah organik dan anorganik , seperti yang sudah saya lakukan dari sampah organik bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk tanaman dan tumbuhan dengan cara mencacak terlebih dahulu sehingga menjadi serpihan lalu dicampur serbuk gergaji atau sekam setelah tercampur diberi cairan kimia EM4 lalu diberi air secukupnya, selanjutnya mengubur dipekarangan dan ditutup menggunakan karung selamaƂ  kurang lebih seminggu .
sedangkan anorganik sobat bumi bisa menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual dari bekas diterjen, botol minuman, bungkus kopi, sedotan dll yaitu seperti membuat tas, lampu gantung, tempat tisu, tamplak dan masih banyak lagi tergantung kreatif kita masing-masing. Dari sampah kertas juga bisa dibuat pigura, tempat pensil dan kerajinan lainnya, dengan cara kertas direndam ke air lalu di aduk hingga menjadi bubur lalu dicetak menggunakan screen lalu di keringkan.
4. Menjaga polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap pembakaran sampah
Dengan mengurangi kendaraan pribadi di jalan raya, Sobat Bumi sudah menghemat bahan bakar dan kemacetan tentunya sekaligus mengurangi polusi udara.
Ada beberapa cara hemat bahan bakar saat berkendara sekaligus ramah lingkungan pada saat saya mengikuti event komunitas otomotif mengenai Eco Driving yaitu:
  • Pada saat melakukan perpindahan gigi transmisi usahakan diantara 1,500 sampai 2,500 rpm dengan akselerasi yang halus.
  • Hindari Akselerasi dan Pengereman berlebihan.
  • Matikan AC jika tidak perlu, karena kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin.
  • Jangan membawa Beban yang berlebih, karena beban Berat sudah pasti boros bahan bakar.
  • Selalu cek tekanan angin pada ban, jika tekanan ban berkurang akan mengakibatkan hambatan mobil bertambah , dan masih banyak lagi.
Bagaimana dengan asap pembakaan sampah tentunya berbahaya, Karena sampah yang dibakar terkadang bersama kantong plastik sebagai pembungkus yang mengandung bahan beracun yang dapat merusak paru-paru apabila terhisap. Untuk itu lebih baik sampah dikubur dengan tidak menggunakan kantong plastic seperti pembahasan sebelumnya bisa dimanfaatkan menjadi kompos buatan.
5. Menanam kembali pohon dan Membuat resapan air
Menanam pohon harus, untuk kelangsungan hidup manusia dari pohon itu sendiri banyak manfaat yang bisa kita dapatkan tentunya sebagai resapan air, sekaligus melindungi dari panasnya terik matahari. Ada beberapa cara dalam membuat resepan air selain secara alami dari pohon yaitu dengan cara biopori membuat lubang kira-kira 80cm dengan diameter 10cm,lalu masukin pipa di bibir permukaan sebagai pondasi dengan diisi sampah organik seperti daun-daun yang jatuh dari pohon atau sampah rumah tangga setelah itu diberi penghalang menggunakan besi agar tidak terperosok.
Masih banyak Sobat Bumi yang bisa dilakukan untuk Peduli Bumi, selain yang saya utarakan di atas ternyata mudah tidak ada yang sulit. Tentunya dimulai dari kita sendiri dan lingkungan sekitar kita. Ayo Sobat Bumi kita bersama-sama mencintai negeri kita dan peduli bumi yang sudah dianugerahi berbagai kenikmatan dan kenyamanan oleh sang pecipta .

0 komentar :

Post a Comment

 
Powered by Media Pendidikan | Direktori Website Sekolah